Kamis, 30 Agustus 2012

Menghemat Ruang HDD Dengan Mendisable Memory Dump

Pada postingan saya sebelumnya membahas tentang meningkatkan kinerja harddisk eksternal, dan kali ini saya akan membahas terkait kinerja harddisk pada komputer atau laptop sobat yaitu menghemat ruang hdd dengan mendisable memory dump. Untuk lebih memahami yang dimaksud dengan memory dump sedikit saya akan memberikan penjelasan terkait memory dump ini.

Hampir semua sobat pernah merasakan komputer atau laptop mengalami crash atau hang dimana baik program maupun kursor mouse tidak dapat digerakkan dan jalan satu-satunya adalah menekan tombol power hingga komputer atau laptop menjadi mati. Pada saat proses crash atau hang sistem akan membuat sebuah file yang disebut file dump, dimana file ini berisi informasi yang kita butuhkan untuk mendiagnosa komputer atau laptop kita yang menyebabkan terjadinya crash atau hang.

Terkadang bagi profesional teknisi tidak membutuhkan file dump ini dalam mendiagnosa kegagalan sistem atau hardware dalama sebuah komputer atau laptop, cukup dengan melihat dan mendengar suara beep pada spekeer dengan berbagi macam kode bunyi, kita sudah dapat mengatasi hal tersebut.

Kembali pada pokok masalah, lantas untuk apa file dump ini? sobat tidak terlalu membutuhkan file memory dump ini, karena file ini semakin lama akan meningkat kapasitas ukurannya sehingga menyebabkan ruang hdd (harddisk) menjadi penuh dan mengakibatkan sistem jadi lambat. Lantas bagaimana agar file memory dump ini tidak bertambah kapasitasnya, berikut langkah-langkah mendisable memory dump sebagai berikut :
  1. Klik Start Menu dan piliha Control Panel
  2. Kemudian ketik Advanced dalam kotak pencarian pada pojok kanan atas control panel
  3. Pilih View Advanced System Settings pada System seperti gambar berikut :

    Menghemat Ruang HDD Dengan Mendisable Memory Dump

  4. Pada Startup and Rocovery klik Settings

    Menghemat Ruang HDD Dengan Mendisable Memory Dump

  5. Dalam drop down Write Debugging Information pilih none dilanjutkan klik ok.

    Menghemat Ruang HDD Dengan Mendisable Memory Dump
Sampai disini jika komputer atau laptop sobat mengalami crash atau hang maka sistem tidak akan membuat file dump, dan jika sobat menginginkan sistem tetap membuat file dump, maka sobat bisa mengembalikan dengan cara yang sama. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Setelah selesai membaca atau melihat blog saya, jangan lupa tinggalkan komentarnya donk :) :) :)