Sabtu, 09 November 2013

Update Apache Server untuk PHP VC9

Meng-update Apache Server agar bisa menggunakan PHP yang di kompilasi dengan Visual Studio 2008 (VC9) di Ms Windows.
Ketika kita berada di hadownload PHP kita akan melihat bahwa PHP 5.3.6 hanya ada yang VC9, dan menurut informasi yang saya baca di
wiki.php.net dinyatakan bahwa versi 5.3.x merupakan versi terakhir dengan VC6 sedangkan selanjutnya hanya dengan VC9.
laman
Dengan kata lain PHP 5.3.5 merupakan versi yang terakhir dengan VC6 sedangkan PHP 5.3.6+ hanya akan dikompilasi dengan VC9.
Jadi untuk menggunakan PHP 5.3.6 VC9 ini kita harus menggunakan Apache server yang mendukung VC9 juga yang dapat di download di apachelounge.com
Ketika tulisan ini ditulis versi yang ada adalah httpd-2.2.19-win32-x86-ssl.zip.
Agar update ini berjalan dengan lancar dianjurkan untuk mendownload versi yang persis sama dengan apache.org yang terinstal sebelumnya.
Setelah selesai di download dengan Winzip ekstrak file tesebut ke sebuah folder.
Untuk dapat menggunakan Apache 2.2.19 ini, Visual C++ 2008 Redistributable Package harus ter instal di komputer kita. Jika belum ikuti link berikut untuk mendownload:
Update: Untuk Apache Versi 2.2.22 gunakan Visual C++ 2008 SP1 Redistributable Package.
Berikut adalah cara meng-Update Apache server.
Bagi anda yang baru menginstal Apache server, saya sarankan untuk mengikuti cara menginstal Apache server, ikuti petunjuk-petunjuknya sampai berhasil. Sebelum berhasil, jangan lanjut kebagian ini.
Dari icon Apache di Taskbar hentikan Apache server dengan klik kiri kemudian pilih “Stop”. Buka Task Manager dengan menekan “Ctr+Alt+Del” secara bersamaan. Kemudian dari menu tab Processes cari dan klik “Apache Monitor.exe” klik tombol “End Proses” akan muncul jendela peringatan pilih saja “Yes”.
Sekarang buka Windows Explorer, buat salinan atau backup “httpd.conf” yang ada di “C:\Apache\conf\httpd.conf” selanjutnya hapus file dan folder yang ada di “C:\Apache” tersebut kecuali folder php, mysql dan temp bila anda sudah menginstal PHP dan MySQL persis seperti tutorial yang ada di blog ini.
Kemudian pindahkan semua file dan folder dari folder Apache yang telah diektrak tadi ke “C:\Apache\”, ganti “httpd.conf” yang ada di “C:\Apache\conf\httpd.conf” dengan salinan atau backup yang telah anda buat.
Dengan Windows Explorer buka folder “C:\Apache\bin” didalam folder tersebut klik dua kali “ApacheMonitor.exe” maka secara otomatis anda akan melihat iconnya muncul kembali di taksbar, klik kiri icon tersebut dan pilih “Start”.
Sekarang anda sudah bisa menginstal PHP yang VC9 dengan mengikuti langkah-langkah di cara menginstal PHP.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Setelah selesai membaca atau melihat blog saya, jangan lupa tinggalkan komentarnya donk :) :) :)