Senin, 17 September 2012

Microsoft Diam Diam Buat Proyek Jejaring Sosial Untuk Menyaingi Facebook Dan Google Plus

socl.jpg Trend jejaring sosial terus berkembang. Sebagai raksasa dan pemimpin jejaring sosial facebook banyak menginspirasi para developer untuk membuat jejaring sosial serupa seperti facebook, dari mulai raksasa google dan kini Microsoft juga ikut meramaikan persaingan tersebut.

Mungkin karena prospek jejaring sosial masih sangat menjanjikan, sesuai dengan karakteristik manusia modern sekarang ini yang lebih suka melakukan aktivitas sosialnya di dunia maya, maka Microsoft pun secara diam-diam meluncurkan situs jejaring sosial sendiri, "Socl", pada Minggu (20/5/2012).

Penyebutan nama Socl adalah "Social," dan beralamat di So.cl. Proyek jejaring sosial Microsoft sebenarnya sudah bocor sejak akhir 2011 lalu, bahkan sudah diketahui secara pasti bahwa akan diberi nama Socl.

Jejaring sosial dari Microsoft ini waktu itu dikenal dengan nama tulalip dengan alamat di Socl.com, tapi situs itu buru-buru ditutup oleh Microsoft dan hanya terdapat tulisan permintaan maaf telah terkuaknya proyek internal mereka, sehingga banyak yang menebak itu adalah proyek rahasia Microsoft untuk terjun di jejaring sosial.

Proyek yang disebut dengan Tulip tersebut memilik slogan “Find what you need and share what you know easier than ever”.

Socl merupakan perpaduan antara pencarian, petualangan, dan sosial. Socl memiliki desain dengan tata letak tiga kolom standar, dengan navigasi utama berada di sisi kiri, aliran berita/update di tengah, dan kumpulan beberapa fitur di sebelah kanan. Demikian kutipan dari The Verge.

Pada halaman "About" Socl, dijelaskan bahwa jejaring sosial ini merupakan sebuah proyek penelitian eksperimental untuk tujuan pembelajaran yang dikembangkan oleh FUSE Labs dari Microsoft. Di halaman web itu Anda bisa sign in dengan akun facebook atau windows live yang Anda miliki.

Socl menggabungkan jejaring sosial dan mesin pencarian guna membantu masyarakat umum, terutama pelajar dan mahasiswa, untuk menemukan dan berbagi halaman web yang menarik. Untuk mencari data yang diinginkan di Socl menggunakan mesin pencari Bing.

Di Socl, pengguna dapat melakukan login menggunakan akun Facebook atau Windows Live. Begitu masuk ke Socl, pengguna akan dihadapkan pada berbagai topik dan usulan untuk mengundang teman ke Socl.

Terdapat rentetan menu di sebelah kiri layar, mulai dari post, profile, video parties hingga following dan followers. Fitur yang bisa dikatakan sangat menarik adalah fitur video parties. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencari, menonton, dan mengumpulkan video dengan pengguna lainnya.

Tombol ikon "home" berada di kiri atas layar, berada diantara logo Socl dan kotak mesin pencari. Hampir sama dengan Facebook, menu home akan menampilkan feed atau kabar terkini dari para pengguna Socl.

Pengguna dapat melakukan posting dan membagi situs web atau konten menarik lainnya. Setiap posting yang muncul di feed bisa dikomentari (comment), dibagi (share) dan ditandai (tag). Ada cara yang cukup berbeda untuk menanggapi setiap posting di Socl, yakni Riff.

Microsoft menjelaskan, Riff merupakan cara baru untuk berinteraksi dan mengimprovisasi konten. Notifikasi aktivitas di Socl bisa dilihat dengan mengklik kotak di sebelah nama dan foto pengguna yang terletak di kanan atas layar. Kotak tersebut akan berubah warna menjadi oranye jika ada notifikasi baru yang masuk ke dalam account Anda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Setelah selesai membaca atau melihat blog saya, jangan lupa tinggalkan komentarnya donk :) :) :)